Minggu, 10 September 2017

Do It Yourself


Hallo sobat. Di postingan kali ini, saya akan menjelaskan pembuatan satu karya yang terbuat dari bahan bekas. Sebelum menuju proses pembuatan, saya akan membahas mengenai bahan-bahan bekas yang tadinya menjadi barang yang tidak berguna menjadi barang yang luar biasa, baik itu dari segi estetika maupun nilai guna.
Sampah, satu kata yang kini menjadi prioritas utama dalam lingkungan. Di jaman yang makin modern ini, kualitas dan kuantitas manusia pun bertambah seiring dengan berkembangnya kehidupan dan teknologi. Dalam masalah perkembangan teknologi ini, kadang manusia menjadi lupa dengan lingkungan hidup dan alam sekitar. Seharusnya, dengan seiring perkembangan jaman, kualitas lingkungan juga patut untuk diperhatikan dan dikembangkan, bukan malah terbengkalai seperti sekarang ini. Kadang kala, saya sendiri miris melihat minimnya pohon dan banyaknya beton serta polusi di perkotaan. Apalagi, jika melihat sampah seperti kardus, plastik, dan bahan bekas lain yang terbuang. Padahal jika sampah itu di kelola dengan baik, bisa menghasilkan barang yang bermanfaat, seperti yang akan saya buat misalnya. Dan disini, saya akan menggunakan kardus sepatu sebagai bahan dasarnya.


Oke, kalau begitu kita langsung saja pada proses pembuatannya.

Alat dan Bahan : 
  1. Kardus Sepatu (2 Buah)
  2. Kertas Kado 
  3. Double Tape
  4. Renda-Renda Bekas, Pita, Kancing Baju, dan lain-lain (Opsional)
  5. Lem Tembak dan Tembaknya

  6. Penggaris
  7. Pensil
  8. Gunting atau Cutter


Cara Pembuatan
(ukuran pola)
  1. Siapkan semua alat dan bahan.
  2. Buatlah sketsa dengan ukuran sebagai berikut pada kardus sepatu. Pastikan ukurannya benar dan garis yang tergambar lurus.
  3. Setelah semua pola siap, gunting pola tersebut, atau jika tidak ada gunting gunakanlah cutter. Dibandingkan dengan menggunakan gunting sebenarnya lebih mudah dengan menggunakan cutter.
  4. Lekatkan kertas kado disemua sisi pola menggunakan double tape.
  5. Setelah semua terlapisi oleh kertas kado, tempelkan bagian utama terlebih dahulu dengan menggunakan lem tembak, yaitu bagian bottom dan back.
  6. Tempelkan bagian sampingnya (side) di kanan dan kirinya. 
  7. Tempelkan bagian left front pada sisi kanan depan.
  8. Lalu, tempelkan bagian side yang masih tersisa satu ditengah-tengah lurus dengan bagian left front yang baru ditempelkan.
  9. Setelah itu, tempelkan bagian bulkhead diantara sisi kiri dan sisi tengah dan berada ditengah-tengah dari keduanya.
  10. Anda boleh menggunakan right front untuk membatasi bagian bulkhead yang baru saja ditempelkan. Atau anda boleh membentuk dan mengkreasikan sisi sebelah kanan ini.
  11. Jika sudah semua tertempel, kalian boleh menutupi bagian yang tidak rapi dengan renda-renda bekas atau mungkin dengan pita, kancing baju dan lain sebagainya.
  12. Dan, kotak make up dari bahan bekas siap untuk digunakan.
(Kotak Make Up sudah siap digunakan)

Nah, itulah proses pembuatan kotak make up dari bahan bekas yaitu kardus sepatu. Tentunya, hasil dari olahan limbah tersebut menguntungkan kita dan lingkungan. Untuk itu, mari kita cintai lingkungan dan tingkatkan kepedulian kita terhadap alam. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

3 komentar: